Permainan ini sebelumnya berkembang di kalangan peternak sapi.
Peupok Leumo adalah sejenis permainan yang khas terdapat di Aceh Rayeuk. Permainan Peupok Leumo ini adalah permainan adu Lembu. Peupok Leumo (Leumo=lembu) awalnya berkembang di kalangan pemilik Lembu dikawasan Aceh Rayeuk (kawasan Aceh Rayeuk meliputi Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Gugusan Pulau Aceh dan Pulau Weh) kawasan yang dulunya dikenal sebagai penghasil Lembu di Aceh, khususnya di daerah Lembah Seulawah.

Permainan Peupok Leumo juga merupakan hiburan bagi masyarakat yang diselenggarakan oleh para pemilik ternak dalam satu kawasan mukim (struktur pemerintahan yang terdiri dari beberapa Gampong). Pada masa dulu penyelenggaraan permainan ini biasanya dilaksanakn pada sore hari (atau selepas asar), namun permainan ini banyak ditentang oleh para ulama, karena adalah bentuk dari penganiayaan hewan, dan menurut hemat kami sebagai putra Aceh Rayeuk permainan ini tidak perlu untuk dibudayakan.

Selain peupok leumo masih ada lagi acara peupok leumo tunang, yaitu permainan peupok leumo untuk mencari sapi yang akan keluar sebagai pemenang. Acara peupok leumo tunang ini biasanya diselenggarakan dengan panitia dan dewan juri. Persoalan waktu, tergantung kepada cuaca dan musim-musim tertentu, seperti sehabis panen atau waktu lain seperti pada hari-hari besar dan sebagainya.
source:
http://dokumennanggroe.blogspot.com/2012/07/peupokleumo.htm 

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blogger templates