Pacu Kude

Pacu Kudesama artinya dengan pacuan kuda. Permainan ini terdapat di Kabupaten Aceh Tengah karena daerahnya memiliki padang rumput yang sangat luas. Kuda pun banyak digunakan sebagai alat angkutan yang sangat praktis di daerah pergunungan juga untuk membajak sawah.
pacu kude acehSehabis panen kuda-kuda ini biasanya tidak memiliki pekerjaan lain yang dianggap penting. Ketika sedang kosong inilah para kuda berlari-lari berkelompok. Rupanya oleh masyarakat setempat kebiasaan para kuda ini dikoordinir sehingga terbentuk permainan pacu kude.
Pada awalnya permainan ini adalah permainan informal. Tidak ada aturan baku. Namun lama-lama, permainan ini menjadi permainan resmi dan memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi. Pada Agustus 1930, pertandingan pacu kude resmi diselengarakan dalam rangka memperingati hari kelahiran Ratu Belanda, Welhilmina.
Saat ini, pacu kude diselenggarakan untuk memperingati HUT RI. Aturan-aturan mendasar dalam permaianan ini adalah sang joki seorang laki-laki berumur 12-20 tahun dan beratnya maksimum 40 kg. Itu sebabnya pada gambar di atas, yang bermain pacu kude masih muda-muda.
sumber :
http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Potret-Negeriku/Teropong-Daerah/Nanggroe-Aceh-Darussalam/Seni-Budaya/Pacu-Kude 

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Blogger templates